Selasa, 03 Januari 2017

Mata Kuliah Jurusan Psikologi Yang Menjanjikan Masa Depan

Jurusan kuliah psikologi - Mendengar kata psikologi, apa sih yang ada dipikiran kalian? Dukun? Peramal? Tempat sharing? Orang yang dapat baca fikiran? Atau yang lain? Mungkin saja beberapa besar orang pemula masihlah berpikiran kalau psikologi yaitu yang telah saya katakan terlebih dulu. Tetapi sesungguhnya, apa sih psikologi itu? Psikologi, datang dari bhs Yunani, yaitu psyche yang bermakna jiwa serta logos yang bermakna pengetahuan. Dengan cara bhs, psikologi ini berarti pengetahuan yang pelajari mengenai jiwa. Lebih detilnya lagi, psikologi yaitu satu diantara cabang pengetahuan yang pelajari perilaku manusia. Artinya, semuanya tingkah laku manusia yang tampak oleh kita itu sama anak psikologi dipelajari, dari mulai tingkah laku belajar, bermain, bahkan juga tidur juga masihlah jadi bahan pembelajarannya anak psikologi.

Psikologi itu jadi hanya pelajari perilaku saja? Pada umumnya iya, tetapi kelakuannya juga dihubungkan dengan beragam hal. Umpamanya perilaku manusia dihubungkan dengan sisi otak serta system syaraf, perilaku manusia waktu ada didalam lingkup orang-orang, atau perilaku manusia waktu mereka ada didalam lingkup pekerjaan, perusahaan serta organisasi, dsb. Jadi sangat banyak sebagian bagian yang dipelajari dalam pengetahuan psikologi. Diluar itu, menurut http://wwwjurusanterbaik.com psikologi juga miliki cabang-cabangnya lagi nih. Istilahnya sih umumnya peminatan. Hanya bila di UI sendiri, mulai th. 2012 diberlakukan kurikulum baru yg tidak mengaplikasikan system peminatan. Jadi sekedar untuk info buat rekan-rekan, didalam psikologi UI itu ada 6 cabang, yaitu Psikologi Perubahan, Psikologi Pendidikan, Psikologi Umum serta Uji coba, Psikologi Industri serta Organisasi, Psikologi Klinis serta Psikologi Sosial.

Selalu bila di psikologi itu mata kuliahnya apa saja? Banyak. Bila disebutin satu-satu mungkin saja akan tidak cukup hehe. Misalnya ada mata kuliah Psikologi Sosial. Mata kuliah ini tuh ngebahas mengenai bagaimana sih tingkah laku atau perilaku seorang waktu ada dalam lingkup orang-orang sosial. Diluar itu ada mata kuliah Psikologi Belajar. Mata kuliah ini ngebahas mengenai bagaimana sih sebagian cara yang efisien serta aplikatif untuk tingkah laku belajar seorang. Bagaimana efeknya jika satu diantara cara belajar itu dipakai oleh manusia, dll. Ada pula mata kuliah System Syaraf serta Tingkah Laris (SSTL), di mana kita belajar mengenai system otak serta syaraf yang memengaruhi tingkah laku kita. Diluar itu ada pula mata kuliah Psikologi Pendidikan Anak Memiliki bakat, di mana kita dapat mengidentifikasi nih anak-anak yang memiliki bakat dengan cara akademis (gifted) atau non-akademis (talented) itu seperti apa, terbaik ciri-ciri ataupun ciri-cirinya. Serta ada banyak lagi mata kuliah yang ada didalam psikologi serta tentunya seru-seru.

Nah bila kalian ingin jadi psikolog itu belum cukup bila umpamanya kalian hanya ambillah program S1 lantaran untuk jadi psikolog kalian mesti ambillah program profesi (S2). Tetapi janganlah cemas lulusan S1 tetaplah memperoleh gelar sebagai Sarjana Psikologi (S. Psi) serta prospek kerjanya juga sangaaaaaaat banyak. Dari mulai sisi HRD manager serta direktur di perusahaan-perusahaan besar motivator analis di Departemen Pendidikan sound di seminar-seminar atau workshop artis therapist serta ada banyak lagi yang dapat dikerjakan. Asumsinya tiap-tiap pekerjaan yang disitu ada manusia jadi seseorang lulusan psikologi juga diperlukan. Terlebih bila kalian jadi seseorang psikolog dalam pengertian meneruskan terlebih dulu pendidikan profesi (S2) kalian dapat buka praktik pribadi yang dengan cara resmi disadari pemerintah serta kalianpun bisa dengan cara resmi dikatakan sebagai seseorang Psikolog. Keren kan? Maka dari itu yuk jadi sisi dari mahasiswa Jurusan Psikologi terbaik yang menjanjikan masa depan di Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar